11 August 2014

Memulai Usah Clothing line / Distro Kaos




Memulai sebuah usaha clothing line atau yang biasa disini kenal dengan kaos distro bisa dibilang gampang-gampang susah.  Tak banyak yang tahu bagaimana cara memulainya dan berapa estimasi modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha kaos distro tersebut.  Tentunya dalam mendirikan usaha kaos distro, diperlukan waktu untuk riset yang tidak sebentar, karena banyak yang harus dipersiapkan dalam prosesnya agar tepat sasaran dengan apa yang diinginkan dari usaha kaos distro ini.

Kaos distro mulai menjadi sebuah tren dalam dunia usaha pada tahun 1996, dan semenjak itu banyak bermunculan brand-brand baru yang ikut meramaikan industri kreatif yang satu ini.  Distro adalah singkatan dari distribution outlet, yaitu suatu tempat usaha yang mendistribusikan hasil-hasil produksi yang dihasilkan oleh suatu brand yang kuantitasnya terbatas.  Dengan sifatnya yang terbatas (limited) sehingga tercipta sebuah kesan eksklusif dari produk tersebut, sehingga banyak orang mulai mencari dan menggemari kaos distro, hasil karya para brand tersebut, karena tidak banyak yang memilikinya alias terbatas.

Prospek usaha kaos distro ini juga terhitung baik.  Banyak orang yang memulai bisnis ini dan pada akhirnya sukses.  Sehingga tidak heran jika banyak orang yang terinspirasi untuk ikut memulai usaha kaos distro ini.  Ada juga yang menekuni usaha kaos distro ini karena dirinya ingin mengekspresikan kreatifitasnya dalam sebuah kaos, sehingga dapat dinikmati oleh orang lain.

Cara Memulai Usaha Kaos Distro
Dalam memulai usaha kaos distro ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum dimulai produksinya.  Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam memulai usaha ini antara lain adalah :
  • Tentukan Konsep
Dengan persaingan yang semakin lama semakin ramai, ada baiknya sebelum memulai usaha kaos distro ini para wirausaha menetapkan apa yang ia ingin capai dalam bisnis ini.  Setelah misi ditetapkan maka proses selanjutnya adalah menentukan konsep dari brand kaos distro anda tersebut.  Apakah nasionalis, apakah musik, apakah gothic dsb.  Konsep ini yang nantinya akan menjadi nilai jual produk kaos distro anda kepada konsumen, sehingga makin unik ide anda tersebut semakin baik dan juga menemukan pasar yang pas, usaha kaos distro anda akan sukses.
  • Lakukan Riset
Riset ini penting sebelum anda memasuki proses produksi.  Riset ini bertujuan untuk melihat potensi pasar yang akan anda garap nantinya.  Riset ini melingkupi riset tentang berapa harga jual yang akan ditawarkan, bagaimana pasar merespons, persebaran ukuran kaos, dan juga tema apa yang laku dipasaran.  Di samping itu juga, anda perlu untuk meriset vendor (jika anda tidak produksi sendiri) karena itu penting dalam operasional anda nantinya.
  • Pikirkan Sistem Distribusi
Dalam operasional usaha kaos distro ini, system distribusi bukanlah sebagai komponen pelengkap saja, akan tetapi system distribusi adalah komponen penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan usaha kaos distro anda.  Meskipun produk yang anda hasilkan sangat bagus, jika anda tidak bisa mendistribusikannya maka usaha anda tersebut berada dalam bahaya.  System distribusi disini mencakup bagaimana anda akan menjual hasil produksi anda online atau offline, toko mana saja yang bisa berkonsinyasi dengan anda, perlukah agen atau reseller freelance,dsb.
  • Pikirkan Konsep Marketing
Marketing bukanlah hanya bagaimana kita dapat menjual kaos distro kita.  Branding, advertising, dan juga promosi harus kita pikirkan dalam bagian ini.  Kaos distro tidak hanya tentang produk yang bagus tapi juga tentang sebuah simbol dari gaya hidup yang menarik dan dinamis.  Kita harus pintar-pintar mengemasnya dalam berbagai aktivitas promosi, baik di social media maupun di lapangan.
  • Permodalan
Memulai usaha kaos distro tentu saja membutuhkan modal untuk memulainya.  Besaran modal bisa bervariasi  tergantung dari kuantitas dan kualitas kaos yang ingin dibuat.  Banyak yang terjebak pada perhitungan modal ini.  Jika anda memikirkan nominal biaya yang anda perlukan dalam membuat usaha kaos distro (misalkan satu juta), maka kalikanlah nominal tersebut dengan angka 5.  Hal ini diperlukan karena dalam memulai usaha seringkali para wirausaha berpikir usahanya akan langsung sukses dan barang yang diproduksi akan terjual habis, tetapi kenyataan tidak selalu seperti itu.  Dengan dikali oleh angka 5 tadi, maka wirausaha akan mendapatkan nominal modal yang aman dalam menjalankan usahanya.

Simulasi
Berikut simulasi perhitungan biaya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha kaos distro yang eksklusif dan berbahan baku yang sangat baik.  Biasanya vendor memasang minimum order produksi sebesar 4 lusin (48 buah).
Biaya Produksi 
Pos Pengeluaran
Harga Satuan
Kuantitas
Total
Kaos combad cotton 30s
Rp 55.000,-
48
Rp 2.640.000,-
Design
Rp 100.000,-
1
Rp 100.000,-
Packaging
Rp 5.000,-
48
Rp 240.000,-


Total
Rp 2.980.000,-


HPP
Rp 63.000,-

Perhitungan Keuntungan
Keterangan
Harga Satuan
Kuantitas
Total
Harga Jual
Rp 125.000
48
Rp 6.000.000,-
Biaya Konsinyasi (30%)
Rp 37.500
48
Rp 1.800.000,-
Biaya Produksi
Rp 63.000
48
Rp 2.980.000,-


Profit
Rp 1.220.000,-


Profit per pcs
Rp 25.500,-
Dari perhitungan diatas, bisa dilihat apa saja yang menjadi landasan atau biaya pokok dalam memulai usaha kaos distro. Banyak yang dapat anda sesuaikan, misalkan biaya packaging maupun kualitas bahan yang anda pakai, sehingga sesuai dengan target market yang anda tuju. [kabarukm.com]

Previous Post
Next Post

post written by:

Buat Kaos Distro Merupakan Konveksi kaos berdiri sejak 2016 fokus produksi pada pembuatan kaos. Berlokasi di yogyakarta. Untuk Pemesanan Hubungi 08122596681

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar :)