Memulai sebuah usaha clothing line
atau yang biasa disini kenal dengan kaos distro bisa dibilang gampang-gampang
susah. Tak banyak yang tahu bagaimana cara memulainya dan berapa estimasi
modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha kaos distro tersebut. Tentunya
dalam mendirikan usaha kaos distro, diperlukan waktu untuk riset yang tidak
sebentar, karena banyak yang harus dipersiapkan dalam prosesnya agar tepat
sasaran dengan apa yang diinginkan dari usaha kaos distro ini.
Kaos distro mulai menjadi sebuah tren
dalam dunia usaha pada tahun 1996, dan semenjak itu banyak bermunculan brand-brand
baru yang ikut meramaikan industri kreatif yang satu ini. Distro adalah
singkatan dari distribution outlet, yaitu suatu tempat usaha yang
mendistribusikan hasil-hasil produksi yang dihasilkan oleh suatu brand yang
kuantitasnya terbatas. Dengan sifatnya yang terbatas (limited) sehingga
tercipta sebuah kesan eksklusif dari produk tersebut, sehingga banyak orang
mulai mencari dan menggemari kaos distro, hasil karya para brand tersebut,
karena tidak banyak yang memilikinya alias terbatas.
Prospek usaha kaos distro ini juga
terhitung baik. Banyak orang yang memulai bisnis ini dan pada akhirnya
sukses. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang terinspirasi untuk
ikut memulai usaha kaos distro ini. Ada juga yang menekuni usaha kaos
distro ini karena dirinya ingin mengekspresikan kreatifitasnya dalam sebuah
kaos, sehingga dapat dinikmati oleh orang lain.
Cara Memulai Usaha Kaos Distro
Dalam memulai usaha kaos distro ini ada
beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum dimulai
produksinya. Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam memulai usaha ini
antara lain adalah :
- Tentukan Konsep
Dengan persaingan yang semakin lama semakin
ramai, ada baiknya sebelum memulai usaha kaos distro ini para wirausaha
menetapkan apa yang ia ingin capai dalam bisnis ini. Setelah misi
ditetapkan maka proses selanjutnya adalah menentukan konsep dari brand kaos
distro anda tersebut. Apakah nasionalis, apakah musik, apakah gothic
dsb. Konsep ini yang nantinya akan menjadi nilai jual produk kaos distro
anda kepada konsumen, sehingga makin unik ide anda tersebut semakin baik dan
juga menemukan pasar yang pas, usaha kaos distro anda akan sukses.
- Lakukan Riset
Riset ini penting sebelum anda memasuki
proses produksi. Riset ini bertujuan untuk melihat potensi pasar yang
akan anda garap nantinya. Riset ini melingkupi riset tentang berapa harga
jual yang akan ditawarkan, bagaimana pasar merespons, persebaran ukuran kaos,
dan juga tema apa yang laku dipasaran. Di samping itu juga, anda perlu
untuk meriset vendor
(jika anda tidak produksi sendiri) karena itu penting dalam operasional anda
nantinya.
- Pikirkan Sistem Distribusi
Dalam operasional usaha kaos distro
ini, system distribusi bukanlah sebagai komponen pelengkap saja, akan tetapi
system distribusi adalah komponen penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan
usaha kaos distro anda. Meskipun produk yang anda hasilkan sangat bagus,
jika anda tidak bisa mendistribusikannya maka usaha anda tersebut berada dalam
bahaya. System distribusi disini mencakup bagaimana anda akan menjual
hasil produksi anda online atau offline, toko mana saja yang bisa berkonsinyasi
dengan anda, perlukah agen atau reseller freelance,dsb.
- Pikirkan Konsep Marketing
Marketing bukanlah hanya bagaimana kita
dapat menjual kaos distro kita. Branding, advertising, dan juga promosi
harus kita pikirkan dalam bagian ini. Kaos distro tidak hanya tentang
produk yang bagus tapi juga tentang sebuah simbol dari gaya hidup yang menarik
dan dinamis. Kita harus pintar-pintar mengemasnya dalam berbagai
aktivitas promosi, baik di social media maupun di lapangan.
- Permodalan
Memulai usaha kaos distro tentu saja
membutuhkan modal untuk memulainya. Besaran modal bisa bervariasi
tergantung dari kuantitas dan kualitas kaos yang ingin dibuat. Banyak
yang terjebak pada perhitungan modal ini. Jika anda memikirkan nominal
biaya yang anda perlukan dalam membuat usaha kaos distro (misalkan satu juta),
maka kalikanlah nominal tersebut dengan angka 5. Hal ini diperlukan
karena dalam memulai usaha seringkali para wirausaha berpikir usahanya akan
langsung sukses dan barang yang diproduksi akan terjual habis, tetapi kenyataan
tidak selalu seperti itu. Dengan dikali oleh angka 5 tadi, maka wirausaha
akan mendapatkan nominal modal yang aman dalam menjalankan usahanya.
Simulasi
Berikut simulasi perhitungan biaya yang
dibutuhkan dalam menjalankan usaha kaos distro yang eksklusif dan berbahan baku
yang sangat baik. Biasanya vendor memasang minimum order produksi sebesar
4 lusin (48 buah).
Biaya Produksi
Pos
Pengeluaran
|
Harga
Satuan
|
Kuantitas
|
Total
|
Kaos
combad cotton 30s
|
Rp 55.000,-
|
48
|
Rp 2.640.000,-
|
Design
|
Rp 100.000,-
|
1
|
Rp 100.000,-
|
Packaging
|
Rp 5.000,-
|
48
|
Rp 240.000,-
|
Total
|
Rp 2.980.000,-
|
||
HPP
|
Rp 63.000,-
|
Perhitungan Keuntungan
Keterangan
|
Harga
Satuan
|
Kuantitas
|
Total
|
Harga
Jual
|
Rp 125.000
|
48
|
Rp 6.000.000,-
|
Biaya
Konsinyasi (30%)
|
Rp 37.500
|
48
|
Rp 1.800.000,-
|
Biaya
Produksi
|
Rp 63.000
|
48
|
Rp 2.980.000,-
|
Profit
|
Rp 1.220.000,-
|
||
Profit
per pcs
|
Rp 25.500,-
|
Dari perhitungan diatas, bisa dilihat
apa saja yang menjadi landasan atau biaya pokok dalam memulai usaha kaos
distro. Banyak yang dapat anda sesuaikan, misalkan biaya packaging maupun
kualitas bahan yang anda pakai, sehingga sesuai dengan target market yang anda
tuju. [kabarukm.com]
0 comments:
Silahkan tinggalkan komentar :)