29 September 2016

Trik Sablon Kaos Manual Mudah dan Murah

Didukung oleh tenaga sablon profesionTeknik sablon manual merupakan teknik pencetakan gambar/tulisan di kain menggunakan tinta khusus sablon yang dapat menempel atau meresap dikain. Proses pencetakan menggunakan cetakan yang disebut screen yang telah dibentuk gambar/tulisan yang akan dicetak. Setiap layer hanya dapat digunakan oleh satu warna sehingga prosesnya yaitu setiap layer warna dicetak pada kain secara bertahap.

Alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatan sablon manual antara lain.
  1. Screen (Cetakan gambar ) 
  2. Rakel (Alat penekan tinta) 
  3. Meja sablon 
  4. Frame presisi 



Pembuatan screen sablon

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa setiap bagian warna akan dibuat dalam Film Screen . Pembuatanya mirip seperti mencetak film foto yaitu screen sablon di campur obat sablon (afdruk) kemudian diratakan sangat tipis dan dikeringkan. Setelah terbentuk lapisan afdruk maka tahapan selanjutnya membuat pola dari gambar yang telah dicetak pada kertas dengan tinta hitam. Gambar yang telah diedit dan tempel diatas screen , sebelum desain kaos tersebut ditempel di screen terlebih dahulu olesi dengan minyak goreng, hal ini dilakukan agar kertas pada gambar akan tembus sinar. setelah itu taruh kaca diatas screen. Screen yang telah ditempeli gambar pola selanjutnya dikeringkan 20 detik cahaya matahari langsung atau menggunakan cahaya lampu yang terang. setelah screen kita sinari, maka screen tersebut harus dicuci untuk membersihkan bekas obat.

Screen sablon 

Ada 2 metode teknik sablon kaos distro dalam jumlah banyak yaitu menggunakan meja panjang atau sistem rotary. Metode meja panjang yaitu kaos di tempatkan masing-masing pada meja memanjang sehingga bergeser setiap meja. Sistem rotary yaitu kain yang akan disablon diatur menggunakan alat sehingga penyablon tidak perlu bergeser cukup memutar kainya.

Beberapa tahapan dalam menyablon kaos distro secara manual yaitu
Membuat design kaos di coreldraw atau photoshop


Design kaos yang akan disablon diedit menggunakan corel draw dan dipisahkan menjadi beberapa film sablon / Layer berdasarkan warna masing-masing. Program yang digunakan yaitu coreldraw atau photoshop. Coreldraw dipilih karena kemampuanya dalam mengolah gambar vector lebih tajam dan tidak mengakibatkan gambar menjadi pecah.

Tahap penyablonan

Penyablonan pada kain yaitu dengan cara menempelkan tinta sablon pada kain menggunakan screen yang telah dibuat. Screen diletakan diatas kain selanjutnya tinta sablon di tuangkan pada screen kemudian di gesut menggunakan rakel 3 hingga 4 kali agar tinta meresap dengan sempurna.

Tahap finishing sablon kaos adalah dengan menggunakan mesin press / setrika. Kenapa harus di press/strika? karena dengan proses press yang suhunya diatas 100 derajat akan menghilangkan kadar air yang terdapat dalam cat sablon dan akan menghasilkan kualitas sablon yang lebih rapat dan akan terasa halus jika diraba. Tidak semua produk sablon kaos dipasaran melalui tahap ini buatkaosdistro.com telah menerapkanya agar memilki kualitas sablon yang baik dan berkualitas tinggi sehingga tidak mudah luntur dan pecah. Frame presisi digunakan apabila ingin melakukan sablon menggunakan beberapa layer yang berbeda warna sehingga posisi sablon tidak akan salah.

Hal yang berpengalaman di bidangnya, kami siap memproduksi berbagai macam variasi jenis sablon manual, mulai dari sablon rubber, plastisol, sablon gold, sablon puff atau timbul, piqment, extenderglitter, sampai glow in the dark.

Sekian informasi mengenai teknik sablon kaos manual dari www.buatkaosdistro.com semoga bermanfaat, informasi yang kami sebarkan ini merupakan informasi umum sumber gambar berasal dari google.com jika ada pertanyaan terkait sablon kaos manual dapat disampaikan melalui kolom komentar.
Previous Post
Next Post

post written by:

Buat Kaos Distro Merupakan Konveksi kaos berdiri sejak 2016 fokus produksi pada pembuatan kaos. Berlokasi di yogyakarta. Untuk Pemesanan Hubungi 08122596681

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar :)