06 April 2017

Teknik sablon kaos manual yaitu teknik yang paling populer dalam lingkup percetakan sekaligus penyablonan. Tak hanya peralatannya yang sederhana dan tidak mahal, kualitas dari sablon kaos manual memang belum tertandingi. Bahkan selevel sablon kaos digital sekalipun. Meskipun ada yang kualitasnya bagus, harganya pun tentu tak semurah sablon kaos dengan teknik manual.

Lain daripada itu , jasa penyedia kursus sablon kaos manual pun kini semakin banyak dan membuat jumlah jasa sablon kaos di Indonesia semakin naik . Hal ini pun berdampak pada jasa sablon kaos dengan teknik manual semakin berkembang.

Pada artikel kali ini kami akan mencoba share sedikit ilmu sekaligus mengulas secara lengkap tentang jenis sablon kaos manual. Beberapa Pada umumnya jenis sablon kaos manual yang akan kami ulas ini biasa dimanfaatkan oleh para pengrajin jasa sablon kaos yang di Indonesia.



Pigmen

Pigmen ialah sejenis bubuk pewarna tinta sablon yang memiliki sifat meresap pada serat kain. Tipe sablon ini hanya bisa dipakai untuk bahan kaos berwarna terang saja. Bahan ini tidak dapat disablon pada kain kaos yang memiliki warna gelap. Dikarenakan karakternya tidak mampu mengalahkan sifat pewarna serat kaos. Akibatnya warna yang dibawa tinta pigmen pun tidak muncul.

Disebabkan memiliki karakter tipis dan menyerap, umumnya pada kaos bersablon pigmen akan cenderung tetap terlihat tekstur kainnya meskipun sudah disablon. Warna yang dihasilkan oleh cat pigmen cenderung lebih rata dan solid bila dibandingkan dengan tinta lain. Sablon pigmen sangatlah cocok untuk diterapkan pada desain kaos yang berukuran besar atau lebar, karena hanya menggunakan sedikit tinta sablon.


e1

Rubber atau Karet GL

Sablon jenis ini merupakan jenis sablon manual yang paling banyak dipakai. Sesuai namanya, rubber adalah sablon kaos memiliki bahan dasar karet ini dapat bertahan dengan tingkat elastisitas dan kerapatan yang tinggi. Hasilnya, rubber pun dapat menyempurnakan permukaan warna kain dengan baik. Hal ini membuat rubber semakin difavoritkan Vendor Kaos Sablon karena sangat cocok dimanfaatkan untuk menyablon kain kaos dengan warna berbagai macam.

Tidak hanya digunakan untuk sablon utama, umumnya sablon rubber dimanfaatkan sebagai underbase. Underbase merupakan istilah tinta dasar yang digunakan sebagai pelindung warna kain sebelum proses sablon warna yang lain . Underbase biasanya berlaku pada kaos hitam dan kaos berwarna gelap lainnya.

Tidak sebatas fleksibel dan elastis, keunggulan lain dari cat sablon ini ialah cenderung tahan lama dan dapat disetrika. Bahkan jika ditambah dengan coating atau lapisan tambahan yang lain, maka cat rubber yang usai disablon dapat sesuai dengan kelenturan kain dan dengan daya lebih lama.


Superwhite

Nyaris serupa dengan sablon pigmen, sablon semacam ini mempunyai karakter tembus serat kain. Bedanya, tinta sablon superwhite cenderung lebih transparan dan bisa diterapkan pada kain berwarna gelap. Tinta sablon superwhite terdiri dari dua jenis varian, yaitu white untuk tinta putih dan color tinta warna yang lain .

Salah satu ciri khas yang diberikan tinta model ini adalah warnanya yang bersifat pudar (turun warna). Hal ini membuat Superwhite sangat sesuai untuk dimanfaatkan sebagai desain vintage yang bernuansa oldschool. Tinta Superwhite juga bisa diracik menjadi tinta sablon manual jenis discharge jika dipadukan dengan komposisi tertentu.


Plastisol

Tipe sablon ini ialah jenis tinta sablon berkompisisi minyak / PVC (oil based). Salah satu keunggulan sablon plastisol yang tidak dipuyai jenis sablon lain adalah kemampuannya dalam menghasilkan dot atau raster berukuran super kecil dengan hasil yang prima.

Namun sayangnya Sablon Plastisol menjadi salah satu jenis sablon yang tinggi harga bahan baku dan biaya peralatannya. Hasil sablonan Plastisol yang sulit kering di bawah suhu 160 derajat celcius menjadikan Plastisol membutuhkan peralatan lain untuk mengeringkannya.

Agar pengeringan berjalan dengan maksimal, setidaknya tinta sablon ini butuh beberapa peralatan seperti conveyor curing, flash curing, sinar infra merah atau hot gun. Tak lain ini dikarenakan tinta ini berbasis minyak dan tidak dapat kering dengan sendirinya seperti tinta waterbase pada umumnya. Seusai pengeringan dengan sempurna , barulah tinta plastisol ini menyimpan daya rekat yang sangat baik.


Sumber Link
Previous Post
Next Post

post written by:

Buat Kaos Distro Merupakan Konveksi kaos berdiri sejak 2016 fokus produksi pada pembuatan kaos. Berlokasi di yogyakarta. Untuk Pemesanan Hubungi 08122596681

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar :)